Senin, 14 Maret 2011

Pasar Legi Kotagede


Selalu ada pemandangan menarik dan menyenangkan untuk dilihat dalam sebuah pasar. Sebuah tempat dimana aktifitas berbagai manusia begitu hidup. Ada yang bernegosiasi harga, menggelar berbagai barang dagangan yang unik juga dibutuhkan, ada yang bertemu kembali dengan sahabat lama, atau ada juga yang hanya singgah untuk melihat-lihat saja. Berbagai aktifitas itu selalu terlihat dalam sebuah pasar di belahan kota Jogja bernama pasar Kotagede.


Pasar Kotagede telah berdiri sejak abad 16. Pasar ini juga kerap disebut Pasar Legi, karena puncak keramaiannya selalu terjadi pada hari-hari pasaran Legi (Legi adalah nama salah satu
hari dalam kalender Jawa). Pada hari pasaran Legi itu, pasar akan penuh sesak baik oleh penjual dan pembeli, bahkan area pasar bisa semakin melebar jauh melebihi area pasar sebenarnya. Berbagai jenis barang dagangan, mulai dari sayur-sauran, alat-alat pertanian, berbagi hewan unggas hidup seperti burung yang pandai berkicau, pakan ternak, bibit tanaman, pernak-pernik aksesoris kebutuhan rumah tangga, batu akik, berbagai ramuan obat tradisional hingga mebel dapat ditemui di pasar ini.

Pasar yang berada di desa Tegalgendu, tepat berada di seberang sungai Gajah Wong ini memang berada di sebuah kawasan kota tua di Yogyakarta. Jika berjalan-jalan di sekitaran pasar serta kawasan Kotagede, kita akan menemukan sebuah wajah lama Jogja yang begitu klasik serta sarat nilai historis di dalamnya.

Halaman ini saya persembahkan untuk: www.amikom.ac.id

1 komentar: